Kamis, 11 Februari 2010

RFT

Mungkin kita sering mendengar kata2 Lean,...RFT...6s...dsb, tapi pertanyaanya adalah?..., apakah kita mengetahui arti ini semua.....? klo belum tahu, mudah2an artikel ini sedikit membantu........

RFT (Right First Time)...yang artinya: Pada saat proses pertama, hasil produksi harus sesuai standart(Kualitas bagus).. hal ini bertujuan untuk menekan kerugian akibat cacat produksi, di bawah ini adalah sebagian bentuk kerugiannya:

1. Biaya produksi akan tinggi;

2. Banyak waktu yang terbuang, karena digunakan untuk memperbaiki barang produksi yang cacat;

3. Output produksi akan rendah, karena barang produksi akan berputar diarea Produksi, kerena mengalami prosesrepair

4. 4. Dll.

Dari contoh diatas sudah dapat dipahami arti pentingnya RFT, Bagaimana menerapkan RFT pada Pada suatu line garment


Grafik RFT yang naik adalah idaman sebuah line di industry garment, tetapi untuk mendapatkan itu semua tentu tidak mudah, perlua adanya komitmen antara Line, SPV, IE dan management, komitmen mau bekerjasama dan didukung ole system yang bagus, tentunya system ini harus bias diterima oleh pihak2-pihak yang terkait. APA yang membuat grafik RFT turun di line?

1. Nilai untriming(Potong benang tidak mempet) yang

tinggi.

2. Nilai reject dan repair yang tinggi,

3. Noda pada garment

3. dll.

APA yang harus dilakukan untuk meningkatkan RFT??? Jawabanya adalah pahami dan laksanakan 3 jangan, yaitu

- Untuk mengurangi nilai repair dan reject akibat Human error

1. Jangan membuat barang yang tidak sesuai standart;

2. jangan meneruskan barang yang tidak sesuai dengan standart

3. Jangan meneruskan barang yang tidak sesuai dengan standart

- Untuk mengurangi nilai repair dan reject akibat Human M/C

Kerusakan mesin memang sering terjadi, maka diperlukan kerjasama antara line dan mekanik, mekanik yang handal merupakan salah satu factor untuk mengurangi repair akibat kerusakan mesin, keahlian, kecepatan, keakuratan dan felling yang baik terhadap mesin perlu dimiliki seseorang mekanik. Bagaimna seorang mekanik mengetahui adanya kerusakan mesin??..Andon..? ..ya perlu adanya andon untuk mengirim sinyal-sinyal berupa suara dan cahaya untuk mengetahui lokasi kerusakan mesin (Akan dibahas lebih tuntas di pembahsan kanban di wordprees ini)

- Untuk mengurangi nilai repair dan reject akibat Human M/C

Operator harus mempunyai jiwa memilik, operator diharapkan bias menjga kebersihan tangan dan mesin, dengan harapan garment yang akan dia jahit akan terjaga kebersihanya, bila mana noda berasal dari oil mesin atau karat segera hubungi pihak mekanik.




Tidak ada komentar: