Kamis, 11 Februari 2010

6 S


6S disebut juga sebagai aktivitas mengorganisasikan tempat kerja atau “Organizing Workplace” dari PEMBOROSAN.

Berikut adalah penjelasan dari 6S

1. S1 = Sort = Pemilahan = Seiri adalah aktivitas pemilahan dan menyingkirkan barang atau aktivitas
Yang tidakiperlukan.
2. S2 = Set in Order = Penataan = Seiton adalah menerapkan prinsip bahwa setiap barang memiliki tempat dan setiap barang ada di tempatnya.
3. S3 = Shine = Pembersihan = Seiso adalah aktivitas membersihkan sekaligus memeriksa ketidak-sesuaian sehingga mudah menemukan akar masalah dan cepat dalam penyelesaian hingga tindakan pencegahannya. Bersihkan agar penyimpangan terlihat jelas dan mudah untuk diatasi atau dicegah.
4. S4 = Safety = Pengendalian Keselamatan Kerja (K3) = Senshu. Keselamatan kerja adalah pribadi setiap pekerja dan pekerja berkewajiban untuk menjaga dan melindungi rekan (kelompok kerja) untuk bekerja nyaman dan aman, sekaligus menjaga citra perusahaan dan keamanannya.
5. S5 = Standardize = Pemantapan = Seiketsu yaitu mengembangkan sistem dan prosedur untuk mempertahankan kedisiplinan pelaksanaan S1 + S2 + S3 + S4. Terlebih penting lagi adalah menyetandaran kesamaan pemikiran, pandangan dan pengertian, bahwa 6S adalah alat yang ampuh untuk menghilangkan pemborosan ditempat kerja.
6. S6 = Sustain = Pembiasaan = Shitsuke, setelah di standardisasikan maka perlu diulang dan diulang semua kegiatan dan aktivitas tadi, sehingga benar-benar menjadi kebiasaan dan budaya kerja. Budaya yang sama pentingnya seperti kewajiban membersihkan diri ‘Mandi’, sehari dua kali. Atau kebiasaan berolah raga agar badan tetap sehat.

Tidak ada komentar: