Kamis, 11 Februari 2010

3 jangan


'' 3 Jangan....1, jangan membuat barang yang tidak sesuai dengan Standart....2, Jangan menerima barang yang tidak sesuai dengan Standart...3, jangan meneruskan barang yang tidak sesuai dengan
Standart..”. Mungkin kata-kata itu tidak asing buat kita, karena suara Itu dapat kita dengarkan saat pagi, siang dan sore.
Audio 3 jangan sebenarnya adalah suatu sarana untuk mengingatkan semua karyawan dan karyawati PT. Morich Indo Fashion untuk mengurangi kesalahan produksi, sehingga kerugian dapat ditekan seminim mungkin..

1. Jangan membuat barang yang tidak sesuai standart
Suatu industri garment yang besar dan mempunyai Skala international, tentunya mempunyai standart Kualitas hasil produksinya. Pada intinya point pertama 3 jangan, yaitu “ Jangan membuat barang yang tidak sesuai standart” adalah, sebisa mungkin Operator membuat barang yang bagus (kualitas bagus). Dalam arti panel/garment yang dijahit harus sesuai dengan pola, jahitan bagus, posisi tepat dan tentunya bebas dari sisa-sisa benang proses jahit (UNTRIMMING).

2. Jangan menerima barang yang tidak sesuai dengan standart
Kerja sama adalah kunci dari sebuah kesuksessan suatu Line, mengingatkan dan diingatkan adalah
Salah satu bentuk karjasama, point ke-2 dari 3 jangan bermaksud agar operator mempunyai kerjasama yang bagus. Kita harus bisa menjadi QC diri sendiri dan QC orang lain agar panel/garment yang dijahit tidak telambat diketahui bilamana ada kesalahan, sehingga bisa dengan cepat bisa teratasi dan tidak terjadi pemborosan.

3. Jangan meneruskan barang yang tidak sesuai dengan standart
Pada point ketiga, operator dituntut untuk mempunyai kesadaran untuk tidak meneruskan panel/garment yang dijahitnya bila terjadi masalah, karena bila diteruskan akan mengakibatkan dampak yang buruk. Diantaranya membuat kualitas output tidak sesuai dengan standart, membuang waktu untuk repair garment dan banyak kerugian-kerugian yang lain. Jika terjadi masalah pada garment/panel, berhentilah segera perbaiki/repair garment tersebut. Setelah selesai baru teruskan ke proses berikutnya. Intinya 3 jangan mengajak kita untuk membuat barang yang mempunyai kualitas bagus sejak dini,.

Tidak ada komentar: